AKU DAN KIMIA
Media Motivasi, Komunikasi dan Pembelajaran Kimia
 
 
 

Komentator

  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  

    Pengunjung

    673936
     

    Menguasai Bahasa Asing Baik Untuk Otak

    Menguasai bahasa asing lebih dari satu melatih otak lebih siap menghadapi tantangan berpikir lainnya.

    Menguasai bahasa asing tak hanya penting untuk pendidikan dan kompetisi di dunia kerja, namun teternyata juga bagus untuk perkembangan otak.

    Menurut sebuah penelitian terbaru dari Northwestern University, menguasai bahasa asing lebih dari satu melatih otak lebih siap untuk menghadapi tantangan berpikir lainnya.

    1. Latihan untuk otak
    Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan secara online di jurnal Brain and Language, pemimpin peneliti Dr Viorica Mariann dan timnya menggunakan Fungsional Magnetik Resonance Imaging, fMRI, untuk melihat bagian otak yang aktif pada individu yang bisa berbicara lebih dari satu bahasa. Para relawan diminta untuk melakukan tugas-tugas pemahaman bahasa.

    Tugas ini termasuk mendengar kata dan kemudian diminta untuk melihat foto yang sesuai. Hasilnya mereka yang memiliki kemampuan beberapa bahasa asing mampu memproses beberapa kata dengan lebih cepat, terutama dua kata yang punya arti sama dalam dua bahasa itu. Mereka juga diketahui lebih mudah berkonsentrasi meski dalam kondisi bising ataupun gaduh dibanding orang yang menguasai satu bahasa.

    "Orang yang menguasai dua bahasa maka secara tidak sadar melatih otaknya untuk berpindah dari satu bahasa ke bahasa lain dalam waktu yang sangat cepat, bahkan hitungan detik," kata Mariann.

    2. Menguasai setidaknya satu bahasa asing juga bermanfaat
    Mariann menambahkan bahwa jika memang hanya satu bahasa asing yang mampu dikuasai seseorang tentunya hal ini juga membawa manfaat. "Ini bukan hanya berbicara tentang bahasa kedua yang dapat melatih otak, proses belajar ini juga bermanfaat," katanya.

    Bagi sebagian besar orang yang sudah dewasa, merasa mustahil bisa menguasai bahasa asing dalam waktu singkat. Menanggapi hal ini, Dr Robert DeKeyser, seorang profesor Bahasa Asing di University of Maryland, semua orang memiliki bakat yang berbeda-beda untuk belajar bahasa asing sehingga Anda tak perlu berkecil hati jika orang lain lebih mudah menyerap dibanding Anda.

    3. Cara menguasai bahasa asing
    Hampir setiap orang dapat belajar bahasa asing dengan motivasi dan ketekunan. Yang terpenting, kata Mariann rutin dan konsisten melakukannya. Jangan sampai melewatkannya meski hanya satu hari agar tidak menjadi kebiasaan dan akhirnya terabaikan.

    "Bisa dengan mendengarkan musik, menonton film, membaca buku, dan mengunjungi website dalam bahasa yang sedang Anda pelajari. Atau bisa juga dengan melakukan perjalanan ke negara-negara yang menggunakan bahasa itu. Anda juga bisa menjalin persahabatan dengan orang yang telah menguasai bahasa itu," kata Marian.

    Belajar bahasa asing, menurutnya harus menyenangkan dan tidak membosankan. Walau tidak membuat kita imun terhadap penyakit alzheimer, tetapi orang yang bilingual ternyata penyakitnya lebih lama muncul dibanding orang yang bicara satu bahasa.

    Mereka yang menguasai dua bahasa juga memiliki hasil tes memecahkan masalah yang lebih baik. "Manfaat hanya dapat dilihat setelah satu semester belajar bahasa asing. Tak ada kata terlambat untuk memulainya," tutup Mariann. (Medical Daily)

    Komentar :

    Nama :
    E-mail :
    Web :
    Komentar :
    Masukkan kode pada gambar

        [Emoticon]
     

    Pengumuman PPMB

     

    Artikel Popular

    • BAGAIMANA MERUMUSKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI KIMIA (KURIKULUM 2013) ?
      KURIKULUM - 06-01-2014 09:44:09  (26)
    • AKU BUKAN GURU HEBAT (I’M NOT GREAT TEACHER)
      APLIKASI RAPORT - 18-05-2015 12:15:44  (15)
    • QUIPPER SCHOOOL LANGKAH CERDAS HADAPI UJIAN NASIONAL ONLINE
      BERITA - 04-03-2015 08:37:15  (15)
    • APLIKASI RAPOR KURIKULUM 2013 UNTUK MADRASAH DI JAWA TIMUR
      APLIKASI RAPORT - 22-02-2016 09:26:57  (13)
    • Ingin Jadi Guru PNS? Harus Mengajar di Pelosok Dulu
      BERITA - 18-01-2014 07:19:10  (11)
     
     
     

    WAKTU

     

    INFO LOMBA

     

    VISITOR


    • widgets
     
    Home | Profil | Pengumuman

    Copyright © makinpintar.com | UNAIR | Smartcloud