AKU DAN KIMIA
Media Motivasi, Komunikasi dan Pembelajaran Kimia
 
 
 

Komentator

  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  

    Pengunjung

    674141
     

    Yakin Nggak Mau Ikut Bimbel? Yuk Intip Perkembangan Program Bimbingan Belajar dari Tahun ke Tahun!

    Yakin Nggak Mau Ikut Bimbel? Yuk Intip Perkembangan Program Bimbingan Belajar dari Tahun ke Tahun!

    Coba perhatikan banyaknya bimbingan belajar yang hadir di kota kamu. Biasanya, mereka memilih lokasi yang dekat dengan sekolah-sekolah agar para murid dapat mengunjungi dengan mudah. Tidak hanya antar murid, bimbingan belajar pun ikut bersaing untuk mendapatkan banyak peserta dan membantu mereka dalam memberikan pemahaman lebih terhadap materi dari sekolah. Bagaimana, sih, perkembangan bimbingan belajar di Indonesia dari tahun ke tahun?

    Perubahan Kurikulum Pendidikan

    Sudah bukan menjadi cerita baru bahwa kurikulum pendidikan di Indonesia sering mengalami perubahan, secara tidak langsung membuat standar nilai kelulusan pun bertambah. Hal ini pun tentu membuat para murid merasa kelimpungan karena adanya tekanan untuk mendapatkan nilai memuaskan agar bisa lulus. Pendidikan yang didapat di sekolah dirasa kurang untuk memenuhi tujuan tersebut sehingga mayoritas dari mereka pun berbondong-bondong mendaftarkan diri ke bimbingan belajar.

    Materi yang diberikan di bimbingan belajar juga didasarkan pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Bedanya, metode pembelajaran yang diberikan oleh bimbingan belajar cenderung mengedepankan strategi yang cepat. Peserta bimbingan belajar akan mendapatkan berbagai tips dan trik agar dapat memahami materi dan mengerjakan soal dengan mudah. Jadi, jangan heran apabila metode yang kamu dapat di bimbingan belajar akan sangat berbeda dari sekolah.

    Membantu Persiapan Masuk Kuliah

    Awalnya, bimbingan belajar hadir untuk membantu murid SMA yang baru lulus dalam menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Persaingan yang super ketat tentu membuat mereka merasa harus melakukan persiapan ekstra. Dan bimbingan belajar menjadi solusi yang tepat. Program pengajarannya benar-benar fokus pada persiapan mengikuti SBMPTN sehingga biasanya, pelaksanaannya diadakan setelah Ujian Nasional (UN) selesai.

    Tidak hanya itu, beberapa bimbingan belajar bahkan memberikan pelayanan konsultasi tentang kuliah, terutama bagi kamu yang masih bingung menentukan tujuan. Kamu juga bisa menanyakan hal-hal lain seperti prospek jurusan kuliah tertentu, tips mengerjakan soal-soal SBMPTN, hal-hal yang dipelajari di suatu jurusan, dan lain-lain. Terlebih, para mentor di bimbingan belajar juga umumnya bersedia untuk berdiskusi di luar jam pelajaran.

    Target Pasar yang Lebih Luas

    Melihat semakin banyaknya jumlah peserta yang berminat, bimbingan belajar pun perlahan membuka kelas-kelas baru yang ditujukan untuk persiapan masuk SMP dan SMA favorit. Hal ini tentu membuat target pasar bimbingan belajar semakin luas sehingga popularitas mereka pun melonjak. Maka dari itu, jangan terkejut apabila harga yang ditawarkan menjadi tidak semurah dulu. Di sisi lain, hal ini juga dapat menjadi angin segar bagi para murid SD dan SMP yang berniat melanjutkan pendidikan di sekolah impian mereka.

    Program Reguler dan Program Intensif

    Semua bimbingan belajar pasti memiliki program-program khusus bagi setiap jenjang pendidikan. Tetapi, secara umum, ada dua program yang disuguhkan, yakni reguler dan intensif. Program reguler memiliki jumlah murid yang lebih banyak, yakni sekitar 20-35. Sedangkan, jumlah murid pada program intensif maksimal hanya ada 10 peserta. Kedua program tersebut selalu ada pada setiap kelas persiapan UN dan SBMPTN yang ditawarkan oleh bimbingan belajar.

    Khusus untuk kelas persiapan SBMPTN, program intensif ditujukan khusus bagi kamu yang benar-benar ingin masuk pada jurusan kuliah tertentu, seperti Kedokteran. Beberapa bimbingan belajar bahkan mengharuskan para pesertanya untuk menginap di tempat tertentu demi mendapatkan materi dan soal latihan tambahan. Tentu harga yang dipatok pun jauh lebih mahal daripada program reguler. Meski begitu, peminat yang mendaftar untuk program intensif tersebut pun masih tergolong banyak.

    Tidak Hanya Materi Pelajaran

    Ada banyak alasan yang mendasari minat murid untuk bergabung dengan bimbingan belajar, salah satunya adalah tergiur dengan hal-hal tertentu yang tidak mereka dapatkan di sekolah. Selain layanan konsultasi, suasana belajar yang lebih santai dan menyenangkan membuat bimbingan belajar tidak pernah sepi pelanggan. Terlebih, mayoritas bimbingan belajar memiliki program trial class bagi para calon peserta sebelum mendaftar. Jadi, mereka bisa merasakan langsung kualitas metode pembelajaran yang disuguhkan oleh bimbingan belajar.

    Meski begitu, seefektif apapun metode pembelajaran yang diberikan bimbingan belajar, sekolah masih menjadi tempat utama dalam menempuh pendidikan. Jangan meremehkan penjelasan guru-guru di sekolah walaupun masih ada materi yang belum kamu pahami. Tidak ada yang melarang untuk bergabung dengan bimbingan belajar, kok, asalkan kamu tetap rajin di sekolah.

    sumber :

    Komentar :

    No Komen : 3
    bandar capsa :: 18-01-2018 01:21:50
    thanks pak tentang capsa susun dan capsa online menarik..
     
    No Komen : 2
    gokilbet :: 10-07-2017 16:27:40
    nice posting dan. bikin kita jadi tambah mau belajar bimbel
     
    No Komen : 1
    agen ibcbet terpercaya :: 07-06-2016 23:27:40
    Materi yang diberikan di bimbingan belajar juga didasarkan pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah
     
    Nama :
    E-mail :
    Web :
    Komentar :
    Masukkan kode pada gambar

        [Emoticon]
     

    Pengumuman PPMB

     

    Artikel Popular

    • BAGAIMANA MERUMUSKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI KIMIA (KURIKULUM 2013) ?
      KURIKULUM - 06-01-2014 09:44:09  (26)
    • AKU BUKAN GURU HEBAT (I’M NOT GREAT TEACHER)
      APLIKASI RAPORT - 18-05-2015 12:15:44  (15)
    • QUIPPER SCHOOOL LANGKAH CERDAS HADAPI UJIAN NASIONAL ONLINE
      BERITA - 04-03-2015 08:37:15  (15)
    • APLIKASI RAPOR KURIKULUM 2013 UNTUK MADRASAH DI JAWA TIMUR
      APLIKASI RAPORT - 22-02-2016 09:26:57  (13)
    • Ingin Jadi Guru PNS? Harus Mengajar di Pelosok Dulu
      BERITA - 18-01-2014 07:19:10  (11)
     
     
     

    WAKTU

     

    INFO LOMBA

     

    VISITOR


    • widgets
     
    Home | Profil | Pengumuman

    Copyright © makinpintar.com | UNAIR | Smartcloud