AKU DAN KIMIA
Media Motivasi, Komunikasi dan Pembelajaran Kimia
 
 
 

Komentator

  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  

    Pengunjung

    674140
     

    2 Minggu Sebelum UAS? Ini Persiapan UAS Wajib Kamu Lakukan!

    Persiapan 2 Minggu UAS Wajib Kamu Lakukan
    Wah tidak terasa Ujian Akhir Semester akan dilaksanakan 2 minggu lagi. Apa kamu sudah mempersiapkan segalanya untuk UAS, Quipperian? Penting sekali mempersiapkan UAS dengan baik agar hasilnya dapat maksimal dan tidak mengecewakan. UAS sendiri merupakan alat evaluasi utama untuk hasil belajar kita selama satu semester dan memberikan kontribusi nilai yang cukup besar untuk rapor kita lho. Maka dari itu, persiapan sangat dibutuhkan. Simak persiapan UAS yang wajib kamu lakukan, berikut ini:

    Belajar, Belajar dan Belajar

    Kamu memang tidak akan henti-hentinya diingatkan untuk belajar. Karena memang, belajar adalah satu-satunya cara untuk menghadapi ujian, Quipperian. Jangan pernah malas memperhatikan pelajaran di sekolah ya. Manfaatkan waktumu dengan baik untuk memahami pelajaran yang sebelumnya tidak kamu pahami. Kalau biasanya kamu menghabiskan waktu untuk bermain atau hangout, kali ini isi waktu luangmu dengan belajar ataupun mengikuti bimbingan belajar.

    Jangan menganggap bahwa waktu 2 minggu menjelang UAS adalah waktu yang lama. Jadi, jangan sampai kamu melakukan SKS alias Sistem Kebut Semalam. Belajar dengan system SKS tidak akan memberikan hasil maksimal dan tidak akan membuatmu paham dengan materi ujian yang cukup banyak. Otak kamu tidak akan mampu mengingat begitu banyak materi karena kamu belajar dengan kondisi panik dan ‘ngebut’. Hal itu malah membuat otak jadi lelah dan tidak mampu mengingat apapun.

    Banyak Latihan soal UAS

    Selain menyimak pelajaran dengan baik, jangan lupa juga untuk banyak-banyak mengerjakan latihan soal UAS. Dengan sering mengerjakan latihan soal, kamu akan jadi paham tentang materi ujian. Kamu bisa mendapatkan latihan soal UAS dari soal-soal UAS tahun lalu, Quipperian. Kamu bisa pinjam di kakak kelas ataupun perpustakaan. Dengan mempelajari soal-soal UAS terdahulu, kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa soal UAS nantinya. Jika kamu beruntung, soal UAS yang akan kamu hadapi tidak akan jauh berbeda dengan soal-soal UAS terdahulu, lho.

    Selain itu, dengan banyak latihan soal UAS, kamu jadi tahu sampai mana tingkat pemahamanmu terhadap materi UAS. Jika banyak soal latihan yang belum bisa kamu kerjakan, berarti kamu masih kurang paham, Quipperian. Tapi kalau latihan soal UAS dapat kamu selesaikan dengan benar, berarti kamu sudah siap menghadapi UAS 2 minggu lagi. Yay!

    Tidur dan Istirahat Cukup

    Menjelang 2 minggu UAS, kamu harus memperhatikan kesehatanmu. Tidur dan istirahatlah yang cukup. Jangan sampai karena kurang istirahat,  saat hari pelaksanaan UAS kamu malah sakit. Kalau keadaaan tubuh tidak fit saat UAS, tentunya kamu akan sulit berkonsentrasi dan jadi susah menjawab soal. Kalau begini, semua usaha dan belajar giatmu akan sia-sia saja.

    Luangkan Waktu untuk Refreshing Sejenak

    Belajar dengan giat boleh-boleh saja kamu lakukan. Tapi, kalau kamu merasa jenuh, kamu boleh meluangkan waktu untuk refreshing sejenak. Misalnya, kamu bisa melakukan hobimu, hangout bersama teman atau sekedar jalan-jalan di taman kota atau mall. Pokoknya, lakukan hal-hal yang dapat membuatmu gembira. Nah jika perasaanmu gembira, ilmu yang kamu pelajari saat belajar pun akan mudah kamu pahami.

    Hindari Masalah

    Usahakan sebisa mungkin menjauhlah dari masalah ya, Quipperian. Hal ini dapat mengganggu konsentrasimu saat UAS berlangsung. Jika kamu memang tidak sengaja mendapat masalah menjelang UAS, sebisa mungkin berusahalah melupakan masalah tersebut sampai waktu UAS berakhir.

    Motivasi Diri

    Motivasi diri itu penting untuk menunjang semangat belajarmu. Jika kamu semangat dan percaya diri menghadapi UAS, dijamin kamu tidak akan kesulitan dalam mengerjakan soal. Ingat, motivasi dan percaya diri itu penting bagi kesuksesanmu. Jika kamu tidak percaya diri atai malah deg-deg-an saat UAS berlangsung, bisa-bisa konsentrasimu pecah dan pikiranmu jadi kosong. Alhasil semua usahamu belajar mati-matian untuk mempersiapkan UAS jadi percuma. Kamu tidak mau kan hal itu terjadi? Maka dari itu yakinlah bahwa kamu pasti bisa menjalani UAS dengan baik dan mendapat hasil maksimal.

    Patuhi Semua Peraturan

    Patuhi semua peraturan sekolah.  Jangan membuat masalah ya, Quipperian. Sebab, jika kamu membuat masalah di sekolah 2 minggu menjelang UAS, bisa-bisa kamu tidak diperbolehkan mengikuti ujian. Serem kan?

    Berdoa

    Terakhir dan tidak boleh dilupakan, jangan lupa berdoa agar nantinya saat hari H Ujian Akhir Semester datang kamu dapat mengerjakan soal dengan lancar dan diberi hasil yang memuaskan. Jangan lupa juga untuk meminta doa restu dari Ayah dan Ibu di rumah ya, Quipperian.

    Nah, itu tadi beberapa persiapan UAS yang wajib kamu lakukan 2 minggu sebelum UAS berlangsung. Semoga tips tersebut bermanfaat buatmu dalam menghadapi UAS nanti ya.

     

    sumber : https://video.quipper.com/id/blog/2-minggu-sebelum-uas-ini-persiapan-uas-wajib-kamu-lakukan/

    Komentar :

    No Komen : 1
    agen ibcbet terpercaya :: 07-06-2016 23:27:10
    Kamu memang tidak akan henti-hentinya diingatkan untuk belajar
     
    Nama :
    E-mail :
    Web :
    Komentar :
    Masukkan kode pada gambar

        [Emoticon]
     

    Pengumuman PPMB

     

    Artikel Popular

    • BAGAIMANA MERUMUSKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI KIMIA (KURIKULUM 2013) ?
      KURIKULUM - 06-01-2014 09:44:09  (26)
    • AKU BUKAN GURU HEBAT (I’M NOT GREAT TEACHER)
      APLIKASI RAPORT - 18-05-2015 12:15:44  (15)
    • QUIPPER SCHOOOL LANGKAH CERDAS HADAPI UJIAN NASIONAL ONLINE
      BERITA - 04-03-2015 08:37:15  (15)
    • APLIKASI RAPOR KURIKULUM 2013 UNTUK MADRASAH DI JAWA TIMUR
      APLIKASI RAPORT - 22-02-2016 09:26:57  (13)
    • Ingin Jadi Guru PNS? Harus Mengajar di Pelosok Dulu
      BERITA - 18-01-2014 07:19:10  (11)
     
     
     

    WAKTU

     

    INFO LOMBA

     

    VISITOR


    • widgets
     
    Home | Profil | Pengumuman

    Copyright © makinpintar.com | UNAIR | Smartcloud